Minggu, 17 Oktober 2010

Pembuatan Live Streaming

SEKILAS

Seiring dengan berkembangnya perkembangan teknologi informasi di dunia ini, maka manusia pun selalu menciptakan suatu terobosan-terobosan baru di dalam dunia informasi, khususnya dalam dunia new media. Dari sekian banyaknya new media yang muncul pada saat-saat ini, penulis akan membahas salah satu dianataranya, yaitu tentang televise digital.

Televisi digital merupakan pengembangan dari televise analog, dimana kita dapat menikmati siaran televise yang bersih tanpa hurus ada masalah ketidak jernihannya. Salah satu contoh dalam televise digital ini dapat kita implementasikan ke dalam sesuatu yang namanaya livee streaming. Live Streaming sendiri dapat diartikan dimana kita dapat menonton televise melalu jariangan internet.

HARDWARE

Yang pertama-tama yang akan kita bahasa dalam teknologi live streaming ini adalah dalam bidang harwaare atau perangkat keras. Perangkat keras yang kita gunakan kitika ingin membuat live streaming yang pertama adalah kamera, kamera ini digunakan untuk mengambil gambar yang akan kita siarkan di internet. Selanjutnya setelah kita membuat gambar yang akan kita streamingkan adalah kita membutuhkan media untuk pempubloikasiannya, mungkin kita dapat menggunakan pemancar, tapi dalam hal ini kita gunakan internet sebgai alat untuk mempublikasikannya. Internet ini berguna sebagai alat penghubung diantara si pembuat film dengan si penonton film. Sedangkan untuk si penonton dibutuhkan satu set lengkap computer beserta internetnya untuk dapat menikmati layanan live streaming.

SOFTWARE

Dalam pembuatan live streaming, kita dapat menggunakan berbagai macam software yang mendukung dalam hal ini, salah satunya yang akan kita bahas dalam pembahasan ini kita akan menggunakan software dari aplikasi Linux, kenapa harus linux, karena linux merupakan suatu system operasi yang terbuka, dan seorang programmer dapat memvariasikannya sesuai dengan keinginannya.

Penggunaan live streaming akan dikerjakan oleh sebuah paket linux debian yang bernama Video4linux. Software ini merupakan sebuah paket yang digunakan untuk live streaming secara real time. Sedangkan untuk sound menggunakan ALSA. Setelah semuanya telah tersedia, kita cukup menghubungan diantara semua perangkat-perangkat tadi menjadi satu. Paket ini dalam linux memiliki ekstensi *.deb. Pada debian serge paket dapat di ambil di mirror debian di bawah ini merupakan paket yang dibutuhkan:

1. Libc6-dev

2. Libxosd()

3. Liblircclient()

4. Libmpeg2dec_i386.deb, ini berfungsi untuk mengubah file video menjadi Mpeg2

5. Vlc_i386.deb, merupakan paket player VLC

6. Vlc-plugin-alsa_i386.deb, paket ini berfungsi untuk plugin sound

7. Vlc-alsa_i386.deb, paket sound pada VLC.

Setelah semuanya diinstal maka akan muncul VLC Player





Selnjutnya livestreming akan dapat dijalankan. Dan secara logika sedehananya live streaming dapat dijelaskan dalam flowchart sebagai berikut.









TANGGAPAN

Tanggapan penulis jika sebagai end user dalam permasalahan live streaming adalah, fasilitas yang sangat hebat ini masih sangat jauh dari terkenal. Hal ini dikarenakan kemampuan orang-orang Indonesia dalam menggunakan computer termaksud internet dan mahalnya biaya internet di Indonesia membuat semakin banyak saja orang-orang yang malas untuk mempelajarinya sesuai kesadaran dirinya sendiri. Karena perlu diketahui, walaupun banyak promosi-promosi internet murah, tetapi tetap saja Indonesia masuk sebagai Negara dengan biaya internet yang mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar